Cara Mudah Menyetel Klep Mobil Kijang 5k
Katup atau bahasa ingrisnya disebut valve dalam bahasa bengkel yaitu (klep) berfungsi untuk mengatur masuknya udara baru dan mengatur gas buang sisa pembakaran pada mesin motor. tugas dari klep itu sendiri sangan berat dan vital karena apabila ada gangguan atau kebocoran sedikit saja pada klep akan mengakibatkan tenaga pada mesin menurun atau istilah lain ngempos.maka dari itu kenali klep/katup dan kelengkapannya.
hal ini di karenakan celah katup adalah komponen yang sangat penting dalam mengatur sistem kerja dari mesin 4 tak. terkait masalah tersebut ada beberapa alasan celah katup perlu d stel.
MENGAPA CELAH KATUP PERLU DI SETEL?
MENGAPA CELAH KATUP PERLU DI SETEL?
- Jika cela katup terlalu sempit,maka katup akan membuka dengan awal dan menutup dengan lambat,sehingga dapat mengakibat kan salahnya pengapian,atau pengapian balik.
- Jika cela terlalu longgar,maka katup akan membuka terlalu lambat dan menutup terlalu cepat,sehingga dapat menumbulkan suara berisik dan getaran.
- pertama,untuk menjamin efisien pemasukan campuran bahan bakar dengan udara kedalam silinder untuk dikomperasikan untuk pembakaran untuk memperoleh power yang di harap kan dan pengeluaran.
- kedua,untuk menjamin efisien pembuangan gas bekas pembakaran untuk keluar dari dalam silinder keudara bebas melalui exhaust manifold.
- ketiga,adalah untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluran pada setiap silinder mendekati sama/sama.
Karena perannya yang penting,maka dalam menyetel celah katup harus benar,jika tidak maka akan menimbulkan masalah-masalah seperti di atas,dan tentunya umur dari mesin menjadi lebih pendek. Langsung saja kita bahas bagai mana cara menyetel celah katup.sebelum itu,hendaknya anda menyiap kan pralatan yang akan di gunakan:
A. ALAT
1. tool box (obeng minus/plus,kunci ring)
2. kunci busi
3. kunci T 12
4. feeler guage
5 .majun
6. buku manual (jika ada)
B. BAHAN (mesin atau engine)
Cara menyetel celah katup
sebelumnya perlu di perhatikan,bahwa tutorial ini dilakukan pada mesin TOYOTA KIJANG 5K dengan mekanisme katup seperti gambar di atas (OHV),dan FO 1-3-4-2.namun anda tidak perlu kawatir jika mobil anda berbrda jenis,karena tutorial di bawah ini mengajarkan tentang konsep cara menyetel katup
A. PERSIAPAN
> siapkan mesin,alan dan bahan yang akan d perlukam
> periksalah oli mesin,air radiator dan bahan bakar
> hidup kan mesin untuk pemanasan kurang lebih 5 menit
> membuka kover kepala silinder
B. CARA MENYETEL CELAH KATUP
1. putar pulli poros engkol menggunakan kunci ring atau shock sehingga tanda cowakkan pada pulli poros engkol segaris dengan tanda angka "0" pada tutup atau cover timing mesin. perhatikan gambar dibawah ini:
2. Periksa apakah mesin pada posisi Top 1 akhir langkah kompresi atau Top 4 akhir langkah kompresi. Cara menentukan apakah mesin pada posisi Top 1 atau Top 4 bisa anda periksa melalui pushrod, rocker arm atau rotor di distributor. Bila mesin pada posisi Top 1 akhir langkah kompresi maka push rod dan rocker arm pada silinder 1 semuanya bebas yang artinya kedua katup, baik katup masuk dan katup buang pada posisi tidak menekan (tidak membuka), tetapi untuk push rod dan rocker arm pada silinder 4 tidak bebas karena kedua katup ini pada silinder 4 berada pada langkah overlapping (posisi membuka) atau bila dilihat dari rotor distributor maka rotor akan menghadap ke kabel tegangan tinggi busi no 1 pada tutup distributor. Sedangkan bila mesin pada posisi Top 4 akhir langkah kompresi maka push rod dan rocker arm pada silinder 4 semuanya bebas yang artinya kedua katup, baik katup masuk dan katup buang pada posisi tidak menekan (tidak membuka), tetapi untuk push rod dan rocker arm pada silinder 1 tidak bebas karena kedua katup ini pada silinder 1 berada pada langkah overlapping (posisi membuka) atau bila dilihat dari rotor distributor maka rotor akan menghadap ke kabel tegangan tinggi busi no 4 pada tutup distributor.
3. Setelah tahu posisi Top mesin maka lakukan penyetelan sesuai pada gambar dibawah ini:
4. Setel celah katup dengan spesifikasi untuk katup masuk celahnya 0,20 mm dan katup buang celahnya 0,30 mm.
5. Lakukan penyetelan celah katup baik pada posisi Top 1 maupun pada posisi Top 4 hingga semua katup sesuai dengan spesifikasinya. Indikator bila celah katup telah sesuai, bila celah katup dimasukkan feeler gauge maka ketika dimasukkan mudah sedangkan ketika ditarik agak sesak atau seret.
6. Pasang kembali tutup head silinder atau tutup kelep.
7. Hidupkan mesin, lalu dengarkan suara mesin dan bedakan suara sebelum di stel dan sesudah nya.
Sekian artikel pendek ini saya buat, semoga bermanfaat untuk anda yang memiliki kendala sepertihalnya artikel ini saya ucapkan terimakasih.
Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menyetel Klep Mobil Kijang 5k"
Posting Komentar